Baru 21 Tahun, Pemain Borussia Dortmund Ini Gantung Sepatu

Dario Scuderi pensiun

Pastinya pensiun di usia muda menjadi mimpi buruk untuk seorang pesepakbola. Kali ini, pemain Borussia Dortmund ini harus mengambil keputusan berat terkait masa depan hidupnya. Cedera lutut yang dialaminya tiga tahun lalu menjadi pengaruh besar untuknya mengambil keputusan tidak lagi melanjutkan karirnya di umurnya yang masih muda yakni 21 tahun.

Dia adalah Dario Scuderi yang merupakan Pemain dari Borussia Dortmund, baru saja mengumumkan jika dirinya akan pensiun dari karirnya sebagai pemain bola di umurnya yang ke-21 tahun. Hal ini dia putuskan setelah tiga tahun rehat karena cedera dan sudah sembilan kali menerima tindakan operasi demi memulihkan posisi lututnya. Sebelumnya, Scuderi mendapat cedera lutut yang sangat berat di tahun 2016 silam.

Cedera tersebut dia rasakan pada umurnya masih 18 tahun. Kala itu, Dortmund tengah melawan Legia Warsaw, tim Polandia dalam kompetisi UEFA Youth League. Ketika berjuang merebut bola di dekat gawang, dia jatuh dan membuat lutut kirinya bergeser dan cedera parah.

Dario Scuderi sendiri menjadi pemain Borussia Dortmund sejak tahun 2010 dan memiliki bakat mengesankan selama menjadi bagian dari tim inti tim U19 enam tahun kemudian. Ia merupakan salah satu pemain yang difavoritkan Thomas Tuchel dan pemimpin lainnya di BVB.

Dario Scuderi cedera lutut

Akan tetapi, rencana tak berjalan dengan baik. Tepat 14 September 2016, dia harus mendapat cedera patah kaki yang buruk dalam laga Youth League UEFA kontra Legia Warsawa. Cedera tersebut bahkan menjadi salah satu cedera terburuk yang pernah terjadi di lapangan. Dia bahkan harus melakukan tindakan sembilan kali operasi dalam waktu setahun demi memperbaiki posisi lutunya. Hal ini yang membuatnya kian sulit meraih mimpi sebagai pemain kembali.

Scuderi sejatinya tidak ingin pasrah dan menyerah. Dia sempat tidak yakin dengan hasil yang diberikan dokter terkait karirnya di lapangan. Ia sempat menjadi pemain cadangan dalam laga ujicoba kontra Luener SV. Ia juga menjadi pemain cadangan dalam tim Dortmund U23 saat melawan Wuppertal SV bulan lalu.

Sayangnya, Scuderi masih rentan terkena cedera yang lebih buruk, sehingga akhirnya dirinya memutuskan untuk menyudahi karirnya di umur 21 tahun. Selama masa rehatnya, dia kembali sekolah dengan sponsor dari sports management oleh klubnya, demi menjadi pilihan lain jika dia tidak kembali ke lapangan dan akan berencana menjadi bagian dari sekolah sepak bola junior klub itu.

β€œIni bukan hal yang mudah bagi saya, menjadi pemain sepak bola merupakan cita-ciat saya selama ini. Saya berjuang dan sudah mendapat tawaran untuk berlaga. Borussia Dortmund terus mendukung saya dan kini saya akan bertindak dengan baik demi hal baru dalam hidup saya,” ucap Dario Scuderi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *