FIFA Siap Perkenalkan Jam Tangan Pintar di Piala Dunia

FIFA Siap Perkenalkan Jam Tangan Pintar di Piala Dunia

Piala Dunia 2018 akan menjadi turnamen besar dan berbeda dari sebelumnya, berbagai macam teknologi terbaru akan hadir di sepanjang pertandingan digelar. Satu satu teknologi terbaru adalah sebuah jam tangan pintar yang akan digunakan oleh wasit pertandingan untuk membantu proses pengambilan keputusan.

Perusahaan jam tangan mewah asal Swiss, Hublot, bekerja sama dengan FIFA, merilis jam tangan pintar untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Fungsi jam tangan pintar itu sendiri akan langsung terkoneksi dengan Teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Ketika wasit memimpin pertandingan, maka jam tangan pintar itu akan membantu mereka dalam pengambilan keputusan cepat. Jam tangan pintar itu sendiri diberi nama ‘Big Bang Referee‘ yang secara khusus dibuat untuk pargelaran Piala Dunia Rusia 2018.

Jam Rusia 2018

Disegn Big Bang Referee sendiri berdasarkan permintaan dari FIFA selaku Federasi Sepakbola Dunia yang secara khusus membuatnya dari analisa permasalahan dalam dunia sepakbola. Terlebih khusus pada skandal keputusan wasit yang selalu menjadi permasalahan tim yang merasa dirugikan.

“FIFA meminta kami secara khusus untuk meluncurkan teknologi baru dalam upaya membantu kinerja wasit. Mereka meminta kami menciptakan jam tangan khusus untuk membantu wasit saat pertandingan. Jam tangan khusus wasit itu akan terhubung ke teknologi garis gawang, VAR, dan menentukan apakah bola telah meninggalkan lapangan atau belum.” demikian pernyataan resmi dari Hublot.

FIFA memberanikan diri memperkenalkan teknologi jam tangan pintar ini sebagai maksud agar tim tidak ada yang merasa dirugikan oleh sebuah keputusan wasit. Satu yang paling khusus adalah menghilangkan kontroversi VAR pada Piala Dunia 2018 Rusia yang akan diselenggarakan pada 14 Juni mendatang.

Jam Tangan Pintar Piala Dunia

Sejauh ini, sudah ada beberapa percobaan yang dilakukan oleh FIFA. Hasilnya sangat memuaskan, dan Piala Dunia 2018 nanti diprediksi akan berjalan rapi, dan juga diharapkan pekerjaan wasit bisa jadi lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *