Perubahan Taktik Jadi Jawaban Conte Tarik Keluar Alonso

Publik London sempat dikejutkan dengan keputusan Antonio Conte yang menarik keluar Marco Alonso dalam pertandingan kontra Stoke City dilanjutan pekan ketujuh Premier League Inggris akhir pekan kemarin.

Menjawab semua pertanyaan yang datang, Conte lantas buka suara dan mengatakan jika keputusan menarik keluar Alonso adalah bagian dari perubahan taktik Chelsea.

Data menjelaskan jika Alonso adalah salah satu pemain The Blues yang selalu tampil 90 menit, bisa dikatakan sangat tidak mungkin sosok Alonso ditarik keluar karena permainan bek kelahiran Spanyol tersebut sangat baik.

Akan tetapi semua prediksi itu terpecahkan ketika Conte mengambil keputusan dengan menarik keluar Alonso pada menit ke-60 untuk digantikan Gary Cahill. Masuknya Cahill membuat Cesar Azpilicueta digeser sebagai bek sayap kiri dan Chelsea pun berubah formasi menjadi 4-4-2.

Melalui pernyataan resminya di situs resmi Chelsea, Conte menjelaskan alasan dibalik keputusannya menarik keluar Alonso adalah untuk mengantisipasi ancaman bola udara yang bisa dilahirkan oleh pemain bertubuh tinggi Peter Crouch.

“Alonso adalah satu perubahan taktik tim, karena saya melihat Mark Hughes akan memasukkan Peter Crouch. Saya merasakan betul dan masih ingat dalam pikiran saya ketika musim lalu kami menderita disaat melawan dia,” kata Conte.

“Lalu saya putuskan lebih baik memperkuat pertahanan dengan memasukan Cahill dan memainkan Azpi sebagai bek sayap,”

Sejatinya banyak pertanyaan datang dan prediksi menarik keluar Alonso adalah satu cara Conte untuk menghindari sang pemain terkena kartu merah, pasalnya dalam pertandingan itu Alonso terlihat tidak stabil usai mendapat tekanan dari pendukung tuan rumah.

Mendapat kartu kuning pertama akibat melakukan tekel keras, lantas Alonso tak bisa mengendalikan mental dan lebih sering melakukan pelanggaran ringan, alhasil Alonso mendapat banyak peringatan dari wasit.

“Tak pernah saya lihat Alonso akan terkena kartu kuning kedua, dia bukan pemain yang berani mengambil resiko buruk. Sosok yang beresiko seharusnya Peter Crouch yang melakukan tekel dengan buruk,” tutup Conte.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *