Profil Skuad Panama di Piala Dunia

Profil Skuad Panama di Piala Dunia

Averyhardwood.comPanama baru saja mencetak rekor baru dengan memastikan diri berlaga di Piala Dunia Rusia 2018, bahkan ajang ini menjadi yang pertama dalam sejarah mereka terjun di ajang internasional besar seperti ini. Untuk menikmati catatan rekor ini, publik Panama sampai membuat perayaan besar-besaran sebagai rasa bangga tim sepakbolanya bisa berlaga di ajang empat tahunan tersebut.

Panama yang dikenal sebagai menghubungkan Samudra Atlantik dan Pasifik itu langsung membuat gebrakan mengejutkan. Dimana pemerintahan Panama sampai harus menjadikan hari kelolosan Panama ke Piala Dunia sebagai hari libur nasional.

Berbicara sosok Panama, jelas mereka selalu tidak diunggulkan dalam ajang apapun termasuk dalam zona kualifikasi CONCACAF. Namun siapa sangka, mereka berhasil mendapatkan posisi tiga klasemen akhir untuk memastikan berangkat ke Rusia pada bulan Juni mendatang.

Sepanjang sejarahnya, Panama bukanlah tim segudang prestasi, bahkan untuk ukuran Amerika Tengan Sekalipun, Panama tak pernah mendapatkan gelar bergengsi. Mereka selalu berada dalam bayang-bayang Kosta Rika dan Honduras dalam urusan sepakbola.

Pencapaian tertinggi Panama adalah menjadi juara Copa Centroamericana, turnamen tim-tim khusus Amerika Tengah di mana Kosta Rika dan Honduras jarang serius. Dan ketika masuk dalam turnamen yang lebih besar, Panama selalu menjadi bulan-bulanan.

Terbukti ketika mereka ikut berpartisipasi dalam Copa America Centenario 2016. Panama babak belur usai dihajar Argentina dan Chile. Meski mendapat kemenangan atas Bolivia, namun nama Panama dimata dunia tetap saja bukan apa-apa.

Berikut Kami Hadirkan Profil Lengkap Panama serta perjalanan mereka hingga menuju ke putaran final Piala Dunia 2018 :

Prediksi Panama di Piala Dunia 2018

Nama Tim: Panama
Asosiasi Sepakbola: Federación Panameña de Fútbol (FEPAFUT)
Berdiri: 1937
Pengakuan FIFA: 1938
Julukan tim: La Marea Roja, The Red Tide

Perjalanan Panama Sampai ke Russia 2018

Ketika masuk dalam zona ini, maka Panama patut merasa bangga karena mereka memastikan diri terbang ke Rusia dengan momen dramatis dan juga kerja keras yang tidak bisa disampingkan. Dimana mereka secara dramatis memastikan diri mendapat satu tiket dikala matchday terakhir kualifikasi Zona CONCACAF.

Panama berhasil mengalahkan Kosta Rika 2-1 pada matchday terakhir dan mengamankan peringkat tiga, hanya unggul selisih gol atas Honduras yang mengumpulkan poin yang sama. Penasaran dengan jalan Panama dari awal hingga menuju Rusia, berikut adalah pertandingan-pertandingan Panama di Kualifikasi zona CONCACAF untuk Piala Dunia 2018 :

[14/11/15] Jamaika 0-2 Panama (Putaran Keempat Grup B)
[18/11/15] Panama 1-2 Kosta Rika (Putaran Keempat Grup B)
[26/03/16] Haiti 0-0 Panama (Putaran Keempat Grup B)
[30/03/16] Panama 1-0 Haiti (Putaran Keempat Grup B)
[03/09/16] Panama 2-0 Jamaika (Putaran Keempat Grup B)
[07/09/16] Kosta Rika 3-1 Panama (Putaran Keempat Grup B)
[12/11/16] Honduras 0-2 Panama (Putaran Kelima)
[16/11/16] Panama 0-0 Meksiko (Putaran Kelima)
[25/03/17] Trinidad dan Tobago 1-0 Panama (Putaran Kelima)
[29/03/17] Panama 1-1 Amerika Serikat (Putaran Kelima)
[09/06/17] Kosta Rika 0-0 Panama (Putaran Kelima)
[14/06/17] Panama 2-2 Honduras (Putaran Kelima)
[02/09/17] Meksiko 1-0 Panama (Putaran Kelima)
[06/09/17] Panama 3-0 Trinidad dan Tobago (Putaran Kelima)
[07/10/17] Amerika Serikat 4-0 Panama (Putaran Kelima)
[11/10/17] Panama 2-1 Kosta Rika (Putaran Kelima)

Kini Panama siap memulai babak baru, dimana mereka tergabung di Grup G atau bisa dibilang Grup maut lantaran Panama satu tempat dengan Inggris, Belgia dan Tunisia. Jika melihat deretan lawan yang ada, sudah pasti Inggris dan Belgia yang dijagokan akan lolos ke babak selanjutnya.

Meski demikian, dalam dunia sepakbola apapun bisa terjadi. Apa yang sudah dilakukan oleh Panama sekarang, bisa saja berlanjut di Fase Grup Piala Dunia nanti.

Puas dengan profil Panama?. Jika belum puas, Kami juga memiliki berita-berita lain seputar Piala Dunia yang pastinya akan menarik untuk dibaca. Berikut salah satu berita yang paling banyak dicari oleh publik adalah Peta Kekuatan 32 Peserta Piala Dunia 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *