Real Madrid Raih Gelar Brand Termahal di Dunia

Real Madrid Jadi Brand Termahal di Dunia

Klub besar dari Liga Spanyol yakni Real Madrid berhasil menjadi brand termahal di dunia. Mereka sukses mengalahkan tim yang sebelumya meraih gelar tersebut yakni Manchester United.

Brand Finance yang merupakan perusahaan konsultan yang bertugas menilai brand independen yang berada di London. Mereka merilis posisi merek dalam dunia sepakbola paling mahal di hari Kamis, waktu setempat.

Bernilai 1,646 miliar euro atau sekitar 26,36 triliun rupiah, Real Madrid resmi menjadi klub dengan brand termahal di dunia yang mempunyai nilai 1 miliar euro ke atas yang mengalahkan klub besar lainnya yakni Manchester United, Barcelona, Bayern Munchen, Manchester City dan Liverpool.

Keenam klub sepakbola dunia tersebut sudah memberikan dukungan pada lebih dari 40 persen dari nilai brand secara menyeluruh dalam daftar, yang mempengaruhi nilai kekayaan dan penciptaan serangkaian “klub super”.

Real Madrid kembali menduduki posisi teratas setelah hampir satu dekade sejak mereka terakhir meraih gelar tersebut di tahun 2010 lalu. Nilai brand klub sepakbola dunia tersebut meningkat 27 persen dari tahun yang lalu, peningkatan itu dilakukan oleh Los Blancos yang mencatatkan Liga Champions keempat di lima tahun tahun 2018 yang lalu.

Bryn Anderson, yang merupakan direktur Brand Finance mengungkapkan jika Real Madrid sudah menampilkan bahwa di tahun ini, mereka merupakan klub yang berpengaruh dan mencapai posisi teratas dari semua klub sepakbola dunia lainnya.

“Mereka sukses tidak hanya menjadi merek termahal dan terkuat namun nilai perusahaan dan stadion mereka mendudukin posisi yang kedua. klub ini mencatatkan kesuksesan dalam sejarah sepakbola Eropa yang sudah mereka rasakan setelah bekerja keras di dalam dan di luar negeri selama beberapa dekade,” kata Anderson.

Kembalinya Real Madrid ke peringkat atas menjadikan Manchester United turun ke posisi kedua. Nilai brand dari Setan Merah saat ini terpuruk sejak pertama kalinya sejak tahun 2016 lalu, mereka mendapatkan penurunan senilai 5,8 persen di tahun ini dari 1,562 miliar euro atau sekitar 25,01 triliun rupiah di tahun 2018 lalu.

pemain real madrid

Berikut Daftar Brand Termahal di Dunia pada Klub Sepakbola Dunia

Real Madrid (1,646 miliar euro – 26,36 triliun rupiah)

Manchester United (1,472 miliar euro – 23,57 triliun rupiah)

Barcelona (1,393 miliar euro – 22,31 triliun rupiah)

Bayern Munchen (1,314 miliar euro – 21,04 triliun rupiah)

Manchester City (1,255 miliar euro – 20,1 triliun rupiah)

Liverpool (1,191 miliar euro – 19,07 triliun rupiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *