Arjen Robben Resmi Pensiun Jadi Pesepakbola Dunia

Arjen Robben Resmi Pensiun

Arjen Robben memutuskan untuk mundur dari karirnya sebagai pesepakbola dunia tepat di umurnya yang ke- 35 tahun. Gelandang timnas Belanda tersebut sudah menjadi pemain kurang lebih dua dekade berada di klub sepakbola Eropa. Dia pernah tampil untuk klub raksasa yakni Chelsea, Real Madrid hingga Bayern Munchen.

“Saya sudah memikirkan semuanya dan telah mengambil keputusan setelah berpikir selama beberapa minggu ini. Seperti yang semua tahu, saya dengan sadar sudah memberikan waktu untuk memutuskan kelanjutan karir dan masa depan saya setelah memutuskan hengkang dari Bayern Munchen,” papar Robben.

Lebih lanjut, pesepakbola dunia ini sudah menyudahi karir saya sebagai pemain bola profesional. Baginya ini memang harus dilakukan walau menjadi sebuah keputusan yang paling sulit untuk menyudahi karirnya selama ini. “ Saya merasa jika keputusan ini membuat hati dan pikiran saya sulit bersatu,”.

“Cinta tampil di lapangan dan dengan keyakinan jika Anda masih dapat berlaga di sepakbola dunia, menjadi lawan dari kenyataan jika semuanya tidak mungkin berlangsung seperti yang kita inginkan dan Anda bukan lagi menjadi sosok yang berumur 16 tahun, yang pastinya tidak lepas dari cedera,” tambahnya.

Arjen Robben Resmi Pensiun

Kini, Robben mengaku memiliki kebugaran dan kesehatan yang lebih baik untuk menjadi seorang penyuka banyak olahraga dan ingin melanjutkan kehidupannya lebih baik lagi. Karena itu, driinya akan menyudahi perjalanan ini dan hal tersebut akan bagus untuk kehidupannya kelak.

Karier Arjen Robben sebagai pesepakbola dunia selama 19 tahun tersebut debut di Groningen di tahun 2000 silam. Dia memulai semuanya di akademi klub tersebut sebelum berkarir di PSV Eindhoven di tahun 2002, yang kemudian membawanya mendapatkan Eredivisie.

Itu menjadi juara pertama dari 28 trofi yang diperolehnya. Saat itu, umurnya 21 tahun, pemain sayap ini bergabung ke Chelsea dan merasakan karir yang gemilang di London. Kemudian dia bergabung dengan klub ini selama tiga musim, walau tetap menjadi idola para penggemar sampai saat ini. Robben selama itu meraih dua piala Liga Premier, Piala FA dan Piala Liga.

Di tahun 2007 lalu, pemain timnas Belanda tersebut bermain untuk Real Madrid dan sukses mendapatkan gelar La Liga di penghujung musim awalnya. Karirnya di Bernabeu terbilang cepat dengan hanya dua tahun saja. Itu merupakan keputusan yang pasti tidak akan dia sesali, karena setelah itu Robben sukses di Bayern Munchen.

Bergabung dengan klub ini, Arjen Robben juga tak kalah dari dua klub besar lainnya. Dia meraih delapan gelar Bundesliga, lima Piala Jerman serta Liga Champions. Dalam karir gemilangnya, Robben menjadi pemain yang terkenal sebagai pemain brutal di lapangan dan sulit untuk dilewati lawannya.

Tentunya, akan banyak yang merindukan permainan mantan pesepakbola dunia ini. Selamat menikmati masa pensiun, Robben!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *